Senin, 26 November 2012

Browser


BROWSER

Sejarah


Browser web pertama diciptakan pada tahun 1990 oleh Sir Tim Berners-Lee. Itu disebut WorldWideWeb (tanpa spasi) dan kemudian berganti nama menjadi Nexus. [3]
Marc Andreessen penemu Netscape

Pada tahun 1993, perangkat lunak browser selanjutnya inovasi oleh Marc Andreessen dengan merilis Mosaic (kemudian Netscape), "browser pertama populer di dunia", [4] yang membuat sistem World Wide Web mudah digunakan dan lebih mudah diakses oleh orang rata-rata. Browser Andreesen yang memicu booming internet tahun 1990-an [4] Pengenalan Mosaic pada tahun 1993 -. Salah satu web browser grafis pertama - menyebabkan ledakan dalam menggunakan web. Andreessen, pemimpin tim Musa di NCSA, segera mendirikan perusahaan sendiri, bernama Netscape, dan merilis Mosaic-dipengaruhi Netscape Navigator pada tahun 1994, yang dengan cepat menjadi browser paling populer di dunia, akuntansi untuk 90% dari semua penggunaan web di perusahaan puncak (lihat bagian penggunaan web browser).

Microsoft menanggapi dengan Internet Explorer pada tahun 1995, juga sangat dipengaruhi oleh Musa, memulai perang browser pertama di industri. Dibundel dengan Windows, Internet Explorer memperoleh dominasi di pasar browser web,. Internet Explorer berbagi penggunaan memuncak di lebih dari 95% pada tahun 2002 [5]
WorldWideWeb untuk NeXT, dirilis pada tahun 1991, adalah browser web pertama. [6]

Opera debutnya pada tahun 1996, meskipun belum pernah dicapai digunakan secara luas, memiliki pangsa penggunaan browser kurang dari 2% per Februari 2012 menurut Net Applications [7] Opera mini versi memiliki pangsa Its aditif, pada bulan April 2011 sebesar 1,1%. dari penggunaan browser secara keseluruhan, tetapi terfokus pada pasar yang tumbuh cepat web ponsel mobile browser, yang terinstal pada lebih dari 40 juta ponsel. Hal ini juga tersedia di beberapa embedded system lain, termasuk konsol video permainan Nintendo Wii.

Pada tahun 1998, Netscape diluncurkan apa yang menjadi Mozilla Foundation dalam upaya untuk menghasilkan browser kompetitif dengan menggunakan model perangkat lunak open source. Bahwa browser akhirnya akan berkembang menjadi Firefox, yang mengembangkan berikut terhormat sementara masih dalam tahap beta pembangunan;. Tak lama setelah rilis Firefox 1.0 pada akhir 2004, Firefox (semua versi) menyumbang 7% dari penggunaan browser [5] Sebagai Agustus 2011, Firefox memiliki pangsa pasar 28%. [7]

Apple Safari telah rilis beta pertama pada Januari 2003;. Pada April 2011, itu memiliki saham dominan dari Apple berbasis web browsing akuntansi, selama lebih dari 7% dari pasar browser seluruh [7]

Para peserta utama terbaru ke pasar browser Chrome, pertama kali dirilis pada bulan September 2008. Chrome take-up telah meningkat secara signifikan dari tahun ke tahun, dengan menggandakan pangsa penggunaannya dari 8% menjadi 16% pada bulan Agustus 2011. Peningkatan ini tampaknya sebagian besar berada di mengorbankan Internet Explorer, yang berbagi cenderung menurun dari bulan ke bulan [8] Pada bulan Desember 2011, Chrome menyalip Internet Explorer 8 sebagai browser web yang paling banyak digunakan [mengklarifikasi]. Namun., Ketika semua versi Internet Explorer diletakkan bersama-sama, IE masih yang paling populer. [9]

Fungsi


Tujuan utama dari web browser adalah untuk membawa sumber informasi kepada pengguna ("Buka" atau "mengambil"), memungkinkan mereka untuk melihat informasi ("display", "render"), dan kemudian mengakses informasi lainnya ("navigasi" , "mengikuti link").

Proses ini dimulai ketika pengguna masukan sebuah Uniform Resource Locator (URL), misalnya http://en.wikipedia.org/, ke browser. Awalan dari URL, Uniform Resource Identifier atau URI, menentukan bagaimana URL akan diinterpretasikan. Jenis yang paling umum digunakan dari URI dimulai dengan mengidentifikasi sumber daya http:and yang akan Diperoleh selama Hypertext Transfer Protocol (HTTP). [10] Banyak browser juga mendukung berbagai prefiks lain, seperti https:untuk HTTPS, ftp:for File Transfer Protocol, dan file: untuk file lokal. Awalan bahwa web browser tidak dapat secara langsung menangani sering diserahkan ke aplikasi lain sama sekali. Sebagai contoh, mailto: URI biasanya dilewatkan ke aplikasi e-mail default pengguna, dan berita: URI dilewatkan ke pembaca newsgroup pengguna default.

Dalam kasus http, https, file, dan lain-lain, sekali sumber daya telah Diperoleh web browser akan menampilkannya. HTML dan konten terkait (file gambar, format informasi seperti CSS, dll) akan diteruskan ke browser layout engine untuk diubah dari markup untuk dokumen interaktif, proses yang dikenal sebagai "render". Selain dari HTML, web browser umumnya bisa menampilkan setiap jenis konten yang dapat menjadi bagian dari suatu halaman web. Kebanyakan browser dapat menampilkan gambar, audio, video, dan file XML, dan sering mempunyai plug-in untuk mendukung aplikasi Flash dan applet Java. Setelah bertemu file dari jenis yang tidak didukung atau file yang telah diatur untuk di-download daripada yang ditampilkan, browser meminta pengguna untuk menyimpan file ke disk.

Sumber informasi dapat berisi hyperlink ke sumber informasi lainnya. Setiap link berisi URI dari sumber daya untuk pergi ke. Ketika link diklik, browser menavigasi ke sumber ditunjukkan oleh URI target link, dan proses membawa konten ke pengguna dimulai lagi.

Fitur

Untuk detail lebih lanjut tentang topik ini, lihat Perbandingan web browser.

Web browser yang tersedia berkisar fitur dari minimal, antarmuka berbasis teks pengguna dengan telanjang-tulang dukungan untuk HTML ke user interface yang kaya mendukung berbagai format file dan protokol. Browser yang mencakup komponen tambahan untuk mendukung e-mail, Usenet berita, dan Internet Relay Chat (IRC), kadang-kadang disebut sebagai "Internet suite" daripada hanya "web browser" [11]. [12] [13]

Semua web browser utama memungkinkan pengguna untuk membuka beberapa sumber informasi pada saat yang sama, baik dalam jendela browser yang berbeda atau dalam tab yang berbeda dari jendela yang sama. Mayor browser juga termasuk pop-up blocker untuk mencegah jendela yang tidak diinginkan dari "muncul" tanpa persetujuan pengguna [14]. [15] [16] [17]

Kebanyakan web browser dapat menampilkan daftar halaman web yang pengguna telah bookmarked sehingga pengguna dapat dengan cepat kembali kepada mereka. Bookmark juga disebut "Favorit" di Internet Explorer. Selain itu, semua web browser utama memiliki beberapa bentuk built-in web feed aggregator. Di Firefox, web feed yang diformat sebagai "bookmark hidup" dan berperilaku seperti folder penanda yang sesuai dengan entri terbaru di feed [18] Di Opera, pembaca feed yang lebih tradisional termasuk yang menyimpan dan menampilkan isi feed.. [19]

Selain itu, kebanyakan browser dapat diperpanjang melalui plug-in, komponen download yang menyediakan fitur tambahan.

User interface

Beberapa rumah perangkat media sekarang termasuk browser web, seperti ini Smart TV LG. Browser dikendalikan menggunakan keyboard pada layar dan "Magic Motion" LG terpencil.

Browser web yang paling besar memiliki elemen-elemen antarmuka pengguna yang sama: [20]

    Kembali dan tombol maju untuk kembali ke sumber daya sebelumnya dan maju masing-masing.
    Sebuah tombol refresh atau reload untuk reload sumber daya saat ini.
    Sebuah tombol berhenti untuk membatalkan pemuatan sumber daya. Pada beberapa browser, tombol stop yang tergabung dengan tombol reload.
    Sebuah tombol home untuk kembali ke halaman rumah pengguna.
    Sebuah address bar untuk memasukkan Uniform Resource Identifier (URI) dari sumber daya yang diinginkan dan menampilkannya.
    Sebuah bar pencarian untuk istilah masukan ke mesin pencari. Pada beberapa browser, bar pencarian bergabung dengan address bar.
    Sebuah status bar untuk menampilkan kemajuan dalam pemuatan sumber daya dan juga URI link ketika kursor melayang di atas mereka, dan halaman zoom kemampuan.

Mayor browser juga memiliki tambahan menemukan fitur untuk mencari di dalam sebuah halaman web.

Privasi dan keamanan


Sebagian besar browser mendukung HTTP Aman dan menawarkan cara cepat dan mudah untuk menghapus web cache, cookie, dan riwayat browsing. Untuk perbandingan kerentanan keamanan saat browser, lihat perbandingan web browser.

Standar dukungan


Awal web browser hanya didukung versi sangat sederhana dari HTML. Pesatnya perkembangan web browser eksklusif menyebabkan perkembangan dialek non-standar dari HTML, sehingga menimbulkan masalah dengan interoperabilitas. Web browser modern mendukung kombinasi dari HTML standar-based dan de facto dan XHTML, yang harus diberikan dengan cara yang sama oleh semua browser.

Kemungkinan diperpanjang


Sebuah ekstensi browser adalah program komputer yang memperluas fungsionalitas dari browser web. Setiap web browser utama mendukung pengembangan ekstensi browser.



Sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/Web_browser

Tidak ada komentar:

Posting Komentar